Selasa, 27 Mei 2014

PROFIL / BIOGRAFI A. RAFIQ


          Lahir pada tanggal 5 Maret 1948, Semarang – Jawa Tengah, dengan nama Ahmad Rafiq atau akrab dikenal dengan panggilan A. Rafiq. Dia adalah seorang penyanyi dangdut dan juga aktor tanah air yang berdarah India – Pakistan.

          Diera tahun 1970-an, A. Rafiq sangat populer dikancah musik dangdut Indonesia. Banyak lagu hitsnya yang membuat nama A. Rafiq melambung saat itu, diantaranya lagu berjudul “Pandangan Pertama” pada tahun 1978. Lagu tersebut juga diangkat kembali menjadi soundtrack film “Get Married”, dinyanyikan oleh Nirina Zubir bersama Slank.

A.Rafiq pernah belajar ilmu akting di LPKJ yang sekarang berubah nama menjadi Institut Kesenian Jakarta. Bersama PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia), A. Rafiq juga sempat mengikuti loka karya tentang membuat film yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki.

Beberapa film layar lebar pernah dibintangi A. Rafiq, antara lain: Si Gondrong (1971), Intan Berduri (1972), Pengalaman Pertama (1977), Pandangan Pertama (1978), Karena Dia (1979), Milikku (1979), dan Cantik (1980).

Sebuah serial sinetron juga pernah digarap sendiri oleh A. Rafiq dengan judul “Si Miskin Bercinta”, dibintangi oleh beberapa artis senior, seperti: Jaja Mihardja, Mansyur. S, dan Mieke Wijaya.

Darah seni A. Rafiq turun kebeberapa anak – anaknya yang saat ini juga menggeluti dunia seni, diantaranya: Fairuz A. Rafiq, Farhad A. Rafiq, , Fadia A. Rafiq, dan El Fouz A. Rafiq.

          Pada tanggal 19 Januari 2013, A. Rafiq menghembuskan nafas terakhir di R.S. Medistra – Jakarta, diusianya yang ke-64 tahun, setelah menderita serangan jantung dan diabetes.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar