Minggu, 25 Mei 2014

PROFIL / BIOGRAFI ELVI SUKAESIH (RATU DANGDUT)



          Elvi Sukaesih adalah artis dangdut senior yang didulat sebagai Ratu Dangdut tanah air. Lahir pada tanggal 25 Juni 1951 di Jakarta dengan nama asli Else Sukaesih.

Nama ayahnya Mohammad Ali dan ibunya Rohayah Asiah, keduanya berasal dari Sumedang – Jawa Barat. Ayahnya seorang musisi yang biasa tampil diberbagai pesta pernikahan disekitar wilayah Jawa Barat.

Elvi Sukaesi menikah diusia 19 tahun dengan Zaidun Z. Mereka dikaruniai enam orang anak, yaitu: Haedar, Fitri, Ali Zaenal Abidin, Syechans, Wirdha Sylvina, dan Dhawiya.

          Bakat nyanyi Elvi Sukaesih sudah kelihatan sejak kecil. Ia pertama kali tampil nyanyi didepan orang banyak saat masih duduk dikelas 3 SD. Saat itu tahun 1964, ia diajak ayahnya untuk ikut tampil manggung bersama dalam sebuah acara perkawinan di Sukabumi.

Setelah malang melintang manggung, pada tahun 1970 ia diajak untuk ikut nyanyi mendampingi Rhoma Irama dan Soneta Grup. Saat itulah namanya mulai dikenal oleh penggemar musik dangdut tanah air.

Tahun 1975, Elvi Sukaesih mulai bersolo karier setelah berpisah dari Soneta Grup.

Beberapa film layar lebar nasional pernah dibintangi Elvi Sukaesih, diantaranya: Karena Penasaran, Mana Tahan, Irama Cinta, dan Tuyul. 

Tahun 2002, Elvi Sukaesih menerima penghargaan Anugrah Dangdut TPI.

          Bakat seni Elvi Sukaesih turun ke anaknya, yaitu Fitria Sukaesih yang pernah menjadi penyanyi cilik diawal tahun 1980-an, juga diikuti oleh Dhawiyah sebagai artis diberbagai sinetron komedi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar