Rabu, 18 Juni 2014

PROFIL / BIOGRAFI MUHAMMAD MASHABI


          Muhammad Mashabi atau populer dengan M. Mashabi, yang lahir dan besar di Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang (orang Betawi menyebutnya “Tenabang”) – Jakarta.

          Tak banyak informasi lengkap yang bisa didapatkan melalui internet tentang catatan lengkap kehidupan M. Mashabi. Umumnya ia dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu melayu. Karya – karyanya sangat populer ditanah air pada masa 1950-an dan 1960-an.

M. Mashabi merupakan salah satu pencipta lagu yang merubah lirik - lirik Lagu Melayu dari bentuk Musik Orkes Melayu Deli berupa pantun, menjadi lagu – lagu berisikan prosa. Demikian juga warna dari Musik Melayu tersebut diubah dengan tempo yang labih cepat dan tidak lagi menggunakan gong. Sehingga M. Mashabi dianggap juga sebagai salah satu perintis Musik Melayu Moderen atau lasimnya disebut Dangdut

Banyak lagu – lagu ciptaan M. Mashabi kembali dirilis ulang oleh para penyanyi dangdut masa kini dengan versi dan ciri khas masing – masing, diantaranya: lagu Kecewa, lagu Renungkanlah, lagu Hilang Tak Berkesan, lagu Harapan Hampa, lagu Keluhan Anak Tiri (soundtrack film berjudul Ratapan Anak Tiri).

          M. Mashabi wafat diusia muda, yang oleh beberapa sumber mengatakan ia wafat diusia berkisar 40-an tahun dan belum pernah berumah – tangga.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar